Home » » Hidup adalah Belajar

Hidup adalah Belajar

Written By NurulHuda on Rabu, 22 Januari 2014 | Rabu, Januari 22, 2014



Setiap anak dilahirkan dalam keadaan tidak mengerti banyak hal. Kemudian seiring pertumbuhannya, ia menjadi mengerti berbagai macam hal. Itulah proses belajar dalam kehidupan. Kesadaran akan hal ini seharusnya bisa membuat kita lebih baik. Karena terkadang kita merasa puas dengan apa yang telah kita ketahui dalam suatu hal sehingga kita menolak untuk mengetahui lebih dalam. Padahal bisa saja ternyata apa yang kita tau selama ini adalah keliru.
Memang tidak semua hal kita anggap penting sehingga kita tidak selalu ingin mengetahui lebih dalam pada semua hal. Tapi bukankah termasuk hal yang penting bahwa kita harus menjadi pribadi yang lebih baik?
Maka pada semua hal yang kita hadapi dalam hidup kita, kita dapat belajar agar menjadikan diri kita lebih baik. Kita sering mendengar ucapan “ambil hikmahnya saja”. Hal itu dimaksudkan agar pada setiap peristiwa yang kita hadapi baik positif atau negatif, kita bisa menyikapinya dengan positif. Sikap positif itu bisaa berupa: penerimaan akan kebenaran, kesabaran dalam menerima musibah, bersyukur dalam menerima karunia, tidak sombong, tidak marah, berfikir jernih, atau diam, meminta waktu untuk berfikir lebih dalam, atau mempelajari dulu masalahnya, atau untuk bertanya/musyawarah dengan yang kita percaya.
Kesadaran akan hal ini juga membuat kita lebih baik dalam memahami orang lain. Bahwa orang lain juga butuh waktu untuk belajar, untuk berubah, memperbarui informasi dan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Hal ini dapat membuat kita lebih baik dalam menyampaikan ide/gagasan/ pemikiran kita terhadap orang lain. Tidak terburu-buru menginginkan orang lain mengikuti pendapat kita. Kita tidak mengajak orang lain dengan menghina sebagaimana kita juga tak senang jka dihina.
Maka setiap peristiwa jika kita menyikapinya dengan baik akan membuat kita menjadi pribadi yang lebik baik. Hidup kita adalah proses belajar agar kita menjadi lebih baik.
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

SEMUA TULISAN / ARTIKEL DALAM BLOG INI HANYA SEBAGAI BAHAN PELAJARAN ( IHTIBAR ) KARENA ORANG PINTAR ADALAH ORANG YANG MERASA DIRINYA BODOH SEHINGGA TIDAK BERHENTI MEMBACA DAN BELAJAR

 

Copyright © 2014 Nurulhuda Gorontalo - All Rights Reserved

Design By @OnaldBau