Home » » Tauhid

Tauhid

Written By NurulHuda on Selasa, 29 April 2014 | Selasa, April 29, 2014



Saya tidak bermaksud mengecilkan/menyalahkan orang yang berpendapat bahwa sholat adalah tiang agama, tidak sholat kafir, tidak sholat masuk neraka, tidak sholat tidak akan diterima seluruh amal ibadahnya dan lain sebagainya.  Sebaiknya hal tersebut dipikir dan ditimbang ulang, karena sepertinya sudah sangat tidak layak ungkapan/ucapan/umpatan seperti itu keluar dari seorang muslim. Baik itu dipergunakan untuk  menunjuk seseorang/kelompok non muslim, apalagi sesama.
Sebaliknya, saya bukan berarti setuju bahwa tidak sholat itu adalah hal yang benar, tapi yang menjadi substansinya adalah ungkapan/ucapan/umpatan itu menurut hemat saya sudah tidak perlu. Bukankah ditolak/diterimanya ibadah seseorang itu adalah bukan wewenang kita.  Dan adalah jauh lebih bermanfa’at kalau kita mengkaji bagaimana makna sholat kita yang khusyu’ misalnya.
Kita sering dengar bahwa “sesungguhnya sholat mampu mencegah perbuatan keji dan mungkar“.  Sekarang kita pertanyakan ke pada diri sendiri, kekejian dan kemungkaran siapa ? … tentu disini yang harus kita “baca” adalah kekejian dan kemungkaran diri kita sendiri dulu, bukan orang lain. Kalau di dalam AlQuran menceritakan tentang Fir’aun maka di dalam diri kita juga ada sifat-sifat Fir’aun, kalau di dalam AlQuran menceritakan tentang Yahudi maka di dalam diri kita juga ada sifat-sifat Yahudi, kalau di dalam AlQuran menceritakan tentang Abu Lahab, Korun dstnya .. itu terdapat juga ada di diri kita.  Maka yang kita harus sadari adalah bahwa kesemuanya itu adalah bukan hanya sekedar cerita, tetapi dibalik itu ada makna/maksud bahwa diri kita diharapkan tidak memiliki WATAK, KARAKTER, SIFAT atau PERILAKU seperti itu ! (tidak seperti si Firaun, Yahudi, Abu Lahab, siKorun dstnya), bukankah setiap manusia diciptakan sama ?! (wah … kenapa saya tiba2 jadi ustadz begini ya ..)   :mrgreen:
Sekarang kita kembali sesuai tema aja yaitu Tauhid.
Kalau sholat itu adalah tiang agama maka yang paling penting sesungguhnya adalah pondasinya …. apa itu ? …. tidak lain adalah kita dapati di dalam rukun islam itu sendiri, yaitu yang pertama ……  Syahadat !
Syahadat TAUHID –> Tiada TUHAN kecuali ALLAH, dan Syahadat Rosul bahwa Nabi Muhammad adalah ROSULULLAH.
Wahhada Yuwahhidu Tauhidan yang artinya mengesakan. Satu suku kata dengan kata wahid yang berarti satu atau kata ahad yang berarti esa. Dalam ajaran Islam Tauhid itu berarti keyakinan akan keesaan Allah. Kalimat Tauhid ialah kalimat La Illaha Illallah yang berarti tidak ada Tuhan melainkan Allah. وَإِلَـهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ  dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. ( al-Baqarah 163 Muhammad 19 ).  Tauhid merupakan inti dan dasar dari seluruh tata nilai dan norma Islam, oleh karenanya Islam dikenal sebagai agama tauhid yaitu agama yang mengesakan Tuhan. Bahkan gerakan-gerakan pemurnian Islam terkenal dengan nama gerakan muwahhidin ( yang memperjuangkan tauhid ).  Dalam perkembangan sejarah kaum muslimin, tauhid itu telah berkembang menjadi nama salah satu cabang ilmu Islam, yaitu ilmu Tauhid yakni ilmu yang mempelajari dan membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan keimanan terutama yang menyangkut masalah ke-Maha Esa-an Allah.
Ajaran Tauhid bukan hanya ajaran Nabi Muhammad saw, tetapi merupakan ajaran setiap nabi/rasul yang diutus Allah swt. lihat yang berhubungan dengan ketauhidan di dalam al-qur’an disini
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

SEMUA TULISAN / ARTIKEL DALAM BLOG INI HANYA SEBAGAI BAHAN PELAJARAN ( IHTIBAR ) KARENA ORANG PINTAR ADALAH ORANG YANG MERASA DIRINYA BODOH SEHINGGA TIDAK BERHENTI MEMBACA DAN BELAJAR

 

Copyright © 2014 Nurulhuda Gorontalo - All Rights Reserved

Design By @OnaldBau