Home » » Nafas Kehidupan

Nafas Kehidupan

Written By NurulHuda on Senin, 12 Mei 2014 | Senin, Mei 12, 2014



Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS 103 : 1-3)

Umur adalah kumpulan tahun-tahun yang merupakan rangkaian hari demi hari. Satu hari 24 jam. Satu jam kemudian dirajut oleh hitungan detik dan setiap detik dihela oleh nafas. Andai setiap nafas yang masuk ke paru-paru adalah kotak yang harus anda penuhi. Atau mungkin nafas yang keluar merupakan kunci yang menutup kotak-kotak tersebut. Pada hari kiamat kotak-kotak umur anda akan dibuka, kotak pertama anda ternyata kosong, kedua juga kosong, kotak ketiga penuh dengan gosip. Kotak keempat berisi hal-hal yang tidak berguna. Kotak selanjutnya kembali kosong. Apa yang anda lakukan saat itu. Ingin kembali ke dunia? Agar kita mampu mengisi kotak-kotak kesempatan hidup kita dengan amal soleh. Rasanya tidak mungkin. hanya penyesalan yang kita dapati sepanjang waktu.
Hasan Al-Basri berkata : Engkau adalah nafas-nafas dan hari-hari. Bila nafas dan harimu telah pergi, sungguh sebagian dirimu itu pergi. Bila engkau telah kehilangan sebagian dirimu, maka seluruh dirimu dengan mudah akan pergi.
Waktu ibarat detak jantung dan nafas anda. Pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya. Anda harus mawas diri, jangan sampai ketika bangkit dari kubur, anda tidak memiliki perbendaharaan amal kebajikan yang cukup. Jika tidak, anda termasuk orang-orang yang merugi.
Ibnul Qayim berkata : “Setiap nafas yang keluar dan keringat yang menetes bukan pada jalan ALLAH dan tidak digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, kelak pada hari Kiamat ia akan menjadi penyesalan-penyesalan.”
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

SEMUA TULISAN / ARTIKEL DALAM BLOG INI HANYA SEBAGAI BAHAN PELAJARAN ( IHTIBAR ) KARENA ORANG PINTAR ADALAH ORANG YANG MERASA DIRINYA BODOH SEHINGGA TIDAK BERHENTI MEMBACA DAN BELAJAR

 

Copyright © 2014 Nurulhuda Gorontalo - All Rights Reserved

Design By @OnaldBau