Home » » HATI HATILAH DENGAN HATI

HATI HATILAH DENGAN HATI

Written By NurulHuda on Jumat, 17 Mei 2013 | Jumat, Mei 17, 2013



Bismillahirrohmanirrohim,,, “Ya muqollibal quluab tsabit qolbi 'ala dhinik,” ~ Ya alloh yang maha membolak balik kan hati,teguhkanlah hatiku pada agama-Mu. ( HR. at tirmhidzi ) Alloh swt menciptakan manusia dgn bermacam macam keadaan hati, ada yang hatinya SEHAT,ada yg hatinya SAKIT,dan ada yg hatinya MATI.

1.) HATI YANG SEHAT, Adalah hati yang selamat,yg mana keselamatan telah menjadi sifat tetap baginya. Hati itu selamat dari setiap syahwat,yg berselisihan dgn agama,perintah Alloh dan stiap subhat yg berlawanan dgn pemberiannya. Selamat dari peribadahan pada selain Alloh swt dan Rosululloh saw, selamat dari perbuatan Syirik apapun bentuknya,baik dalam bentuk Irodah (keinginan), mahabah(cinta), tawakal(pasrah), khasyyah (Rasa segan), khouf (takut) atau roja' (berharap).

2.) HATI YANG MATI, adalah dia mengenal Robbnya tetapi tidak mau menyembahnya dan tidak mau melaksanakan perintah- Nya,tidak menurutinya,tidak ridho kepadanya,bahkan dia berdiri dgn syahwat dan kesenangan walau didalamnya terkandung murka dan amarahnya, Dan dia menjadikan Nafsunya sebagai imannya, Syahwatnya sebagai pemimpinnya, Kebodohan sebagai panutannya, kelalaian sebagai tungganganya, Kejelekan sebagai perniagaanya, Kemaksiatan sebagai perhiasanya, ..itulah hati yg paling buruk dan kotor.

3.)HATI YANG SAKIT, Hati yang memiliki kehidupan tetapi mempunyai penyakit di dalamnya. Didalamnya terdapat cinta,semangat untuk mendapatkan kehidupan,syahwat,kedengkian,sombong,ujub,cinta dunia dsb. Apabila diberi peringatan,mk ia lebih dekat dgn keselamatan, Namun apabila tdk diberi peringatan ia akan lebih dekat dgn kehancuran. Hati hatilah sahabat fillah dgn 3 hati ini, @-Hati yg pertama adalah hati yg hidup,tunduk,waspada dan lembut. @-Hati yg ke 2 adalah hati yang kering dan mati, @-Hati yg ke 3 adalah hati yg sakit,yg amalan nya mjd kotor karena ternodai dgn penyakitnya. Dan ingat,hati yg sehat lagi selamat,pasti akan menerima,mencintai dan mendahulukan kebenaran,serta patuh pada Perintah dan larangan Alloh swt.
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

SEMUA TULISAN / ARTIKEL DALAM BLOG INI HANYA SEBAGAI BAHAN PELAJARAN ( IHTIBAR ) KARENA ORANG PINTAR ADALAH ORANG YANG MERASA DIRINYA BODOH SEHINGGA TIDAK BERHENTI MEMBACA DAN BELAJAR
 

Copyright © 2014 Nurulhuda Gorontalo - All Rights Reserved

Design By @OnaldBau